Senin, 29 Maret 2010

cara memperbaiki konsleting ponsel

cara memperbaiki konsleting ponsel
untuk mengetahui apakan ponsel tersebut mengalami konsleting atau tidak bisa dilakuakan dengan cara mendeteksi konsleting ponsel. perbaikan konsleting ponsel bisa dilakukan dengan melakukan pengangkatan komponen yang dicurigai atau berpotensi mengalami kerusakan atau konslet. beberapa komponen yang berpotensi penyebab konslet sebagai berikut :
1. I Power Amplifier (PA)
komponen IC Amplifier (PA) membutuhkan sejumlah energi yang didapat dari baterai untuk memancarkan gelombang mikro. apabila terjadi hubung singkat, arus positif baterai akan terhubung langsung menuju ke ground. ciri-ciri IC PA yang konslet sebagai berikut :
- ponsel matot (mati total)
- pada ponsel yang kelihatan "normal" ketika dinyalakan, ponsel seakan-akan loading mencari jaringan, tetapi beberapa saat kemudian ponsel mati dengan sendirinya.
dari kasus diatas, secara logika IC PA bermasalah dan harus diganti. namun anda harus jeli sebab ada beberapa jenis ponsel memperoleh sumber energi dari baterai melalui sebuah coil terlebih dahulu. kondisi semacam ini dimanfaatkan untuk memutus jalur baterai ke IC PA. sebagai studi kasus kita ambil contoh ponsel nokia 3650.
sebelum melakukan pengangkatan komponen,

lakukan pengecekan hambatan konektor menggunakan multiterster. jarum hitam (-) multitester dihubungkan ke konektor positif (+) ponsel, sedangkan jarum merah (+) multitester dihungkan ke konektor negatif (-) ponsel. apabila terdapat nilai resistansi, lakukan pengangkatan komponen menggunakan solder uap. namun jika tidak terdapat nilai resistansi berarti komponen tersebut dalam kondisi normal.
2. IC Power
untuk pendistribusian energi dari baterai, IC Power terhubung langsung dengan kutub positif baterai. apabila komponen ini mengalami konslet akibatnya ponsel menjadi matot (mati total).
3. IC User Interface (UI)
IC User Interface (UI) merupakan komponen yang mengatur keberadaan LED, buzzer dan vibra. Apabila komponen ini rusak akan terjadi hubung singkat / konsleting, dipastikan arus akan terserap akibatnya cahaya LED, dering dan komponen buzzer dan getar komponen vibra tidak bekerja.
4. IC Charging
Untuk ponsel jaman dulu menggunakan IC Charging terpisah, pada ponsel jenis ini komponen IC Charging langsung terhubung dengan kutub positif (+) baterai melalui resistor fuse, dengan nilai resistanso hampir mendekati nol ohm. Kondisi ini memudahkan untuk mengetahui apakah komponen mengalami konsleting atau tidak.

4 komentar:

  1. soo,ok postingnya

    BalasHapus
  2. hp saya bisa hidup,,tapi kalau di pakai lama2 panas,,terus hp mati,,
    kalu di cas,,masuk,tapi batrai gag ngisi,,,
    itu apanya yang kongslet ya gan??

    mohon bantuan,,thankz...

    BalasHapus
  3. Saya nyedot batre<jadinya batre ngedrop terus

    BalasHapus
  4. saya punya henpon N70 nokia saya rusak gara2 kenak air terus mesin nya saya kering kan setelah itu saya hidupkan tapi tidak bisa hidup mala yg hidup lampu fles nya cara mengatasi nya gimna ya? mohon bantun nya.. thangkz..

    BalasHapus

Solusi Umum Kerusakan Ponsel